Sebab Turunnya Surah al-Kautsar

Sebab Turunnya Surah al-Kautsar

Ibnu Abbas berkata: surah ini turun mengenai al-Ash bin Wail dimana suatu hari ia pernah melihat Rasulullah saw. keluar dari masjid ketika ia masuk masjid. Mereka berdua bertemu di pintu Bani Sahm. Keduanya berbicara dan sejumlah tokoh Quraisy di dalam masjid sedang duduk. Ketika al-Ash masuk, orang-orang Quraisy itu bertanya: “Siapa orang yang engkau ajak bicara tadi?” ia menjawab: “Dialah abtar (orang yang terputus).” Maksudnya adalah Nabi saw.. Pada saat itu Abdullah putra Rasulullah saw. dari Khadijah wafat. Orang-orang Arab saat itu menyebut seseorang yang tidak memiliki anak dengan sebutan abtar. Kemudian Allah swt. menurunkan surah ini.

Telah mengabarkan kepada kami Muhamamd bin Musa bin Fadl. Telah mengabarkan kepada kami Muhammad bin Ya’qub. Telah mengabarkan kepada kami Ahmad bin Abdul Jabbar. Telah mengabarkan kepada kami Yunus bin Bukair, dari Muhammad bin Ishaq, ia berkata: telah berbicara kepadaku Yazid bin Ruman, ia berkata: al-Ash bin Wail al-Sahmi jika menyebut Rasulullah saw. berkata: biarkanlah ia. Ia adalah lelaki yang abtar, tidak memiliki keturunan. Jika ia meninggal dunia maka ia tak akan diingat oleh generasi setelahnya.” Lantas Allah swt. menurunkan surah ini.

Atha` berkata, dari Ibnu Abbas: al-Ash bin Wail pernah berpapasan dengan Rasulullah saw. dan berkata: Aku ingin mencelamu, sesungguhnya engkau adalah lelaki yang abtar.” Lantas Allah swt. menurunkan surat ini.[1]

 

[1] Asbab Nuzul, Imam Abu Hasan al-Naisaburi.

Rate this item
(1 Vote)
Login to post comments

More in this category:

المشرف العام على الموقع

موقع بوابة المدينه الدعوى تحت اشراف

الاستاذ الدكتور / محمد محمود هاشم

                     نائب رئيس جامعه الازهر للوجه البحرى وعضو مجمع البحوث الاسلاميه

JSN_TPLFW_GOTO_TOP