Pertukaran yang Riba

Pertukaran yang Riba

عن سَعِيدٍ الْخُدْرِيَّ رَضِي اللَّهُ عَنْهُ، قَالَ: جَاءَ بِلالٌ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِتَمْرٍ بَرْنِيٍّ، فَقَالَ لَهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مِنْ أَيْنَ هَذَا ؟ قَالَ : بلالٌ كَانَ عِنْدَنَا تَمْرٌ رَدِيٌّ فَبِعْتُ مِنْهُ صَاعَيْنِ بِصَاعٍ لِيُطْعِمَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: عِنْدَ ذَلِكَ أَوَّهْ أَوَّهْ عَيْنُ الرِّبَا عَيْنُ الرِّبَا لا تَفْعَلْ وَلَكِنْ إِذَا أَرَدْتَ أَنْ تَشْتَرِيَ فَبِعِ التَّمْرَ بِبَيْعٍ آخَرَ ثُمَّ اشْتَرِهِ

Dari Sa’id al-Khudir, ia berkata: “Bilal datang menemui Nabi saw. dengan membawa kurma barni (kurma kualitas bagus), lantas beliau bertanya kepadanya: ”Darimana engkau mendapatkannya?” Bilal menjawab: “Saya mempunyai kurma yang rendah mutunya dan menukarkannya dua sha’ dengan satu sha’ kurma barni untuk dimakan oleh Nabi saw..” Ketika itu Rasulullah saw bersabda: ”Hati-hati! Hati-hati! Ini aslinya riba, ini aslinya riba. Jangan kamu lakukan, bila engkau mau membeli kurma maka juallah terlebih dahulu kurmamu yang lain untuk mendapatkan uang dan kemudian gunakanlah uang tersebut untuk membeli kurma barni!”

Perawi tertinggi: Abu Said al-Khudri

Makna Hadis

Bilal ingin memberikan makanan kepada Rasulullah saw. berupa kurma terbaik. Lantas ia pergi ke pasar dengan membawa dua sha’ kurma dengan kualitas tidak bagus yang ia miliki, dan menjualnya dengan satu sha’ kurma yang bagus. Kemudian ia memberikannya kepada Rasulullah saw.. Lantas beliau ragu akan hal itu karena Bilal tidak pernah memiliki kurma dengan kualitas bagus seperti itu. Beliau pun akhirnya bertanya kepadanya: “Dari mana engkau dapatkan kurma yang bagus ini wahai Bilal?” Ia menjawab: “Kami memiliki kurma tidak bagus, lantas saya menjualnya dua sha’ darinya dengan satu sha’ dari kurma ini.” Seketika itu Rasulllah saw. menampakkan rasa kurang sukanya: “oooh….ini riba. Bagaimana masalah seperti  ini belum engkau ketahui wahai Bilal? Jangan kamu lakukan ini selamanya! Pergi dan kembalikan kurma ini kepada pemiliknya, dan ambillah kurmamu. Kemudian juallah kurmamu dengan gandum atau jelai atau semisalnya. Kemudian belilah kurma dengan hasil penjualan itu. Kemudian datanglah ke sini lagi!

Fikih hadis:

Hadis ini disebutkan dalam kitab wakalah bahwa dalam jual beli ini Bilal bertindak sebagai wakil dari Rasulullah saw.. Jika seorang wakil melakukan jual-beli secara fasid (rusak) maka hal itu tidak sah.  Dan sabda Rasulullah saw.: “Ini adalah riba” dipahami bahwa jual-beli riba harus dikembalikan. Bahkan di sebagian riwayat secara jelas ada redaksi perintah untuk mengembali barang tersebut. boleh jadi tidak adanya redaksi perintah mengembalikan itu karena para perawinya lalai. Dan boleh jadi ungkapan penyesalan Nabi saw. itu untuk tujuan memperkuat larangan tersebut. sabda beliau “jangan kamu lakukan…” maknanya jangan membeli barang ribawi dengan sesama jenisnya kecuali ukuran dan takarannya sama. Para ulama berijmak bahwa kurma dengan kurma tidak boleh menukarnya (jual-beli) melainkan dalam ukuran dan kualitas yang sama. Meskipun kurma memiliki banyak macam, namun kurma tetaplah satu jenis.

Pelajaran dari hadis:

  1. Anjuran agar seseorang mencari tahu kebenaran akan perkara yang ia ragukan.
  2. Perhatian seorang panutan kepada orang yang mengikutinya, dan memilihkan makan dan lainnya yang baik baginya.
  3. Bolehnya memilih makanan yang baik.
  4. Uzur bagi orang yang tidak mengetahui keharaman sesuatu hingga ia mengetahuinya.
  5. Perhatian seorang pemimpin atas perkara agama dan mengajarkannya kepada orang yang belum mengetahuinya.
  6. Pemimpin menunjukkan untuk meraih perkara yang mubah dan lainnya.
  7. Kebolehan wakalah (perwakilan) dalam perihal jula-beli.
  8. Jual-beli yang fasid maka harus dikembalikan.
  9. Dalil akan keharaman riba fadl.
  10. Keharaman riba merupakan perkara yang amat besar.
Rate this item
(0 votes)
Login to post comments

المشرف العام على الموقع

موقع بوابة المدينه الدعوى تحت اشراف

الاستاذ الدكتور / محمد محمود هاشم

                     نائب رئيس جامعه الازهر للوجه البحرى وعضو مجمع البحوث الاسلاميه

JSN_TPLFW_GOTO_TOP